Senin, 30 Januari 2017

Inilah Rahasia Luar Biasa di Balik Wudhu’ Sebelum Tidur



Benar ini kedengarannya sepele. tetapi jangan anggap enteng soal ini, alasannya nabi tetap wudhu sebelu tidur. berwudhu, disamping bernilai ibadah pula berguna besar untuk kesehatan. Periset dari Universitas Alexandria, Dokter Musthafa Syahatah, yang juga berprofesi sebagai Dekan Fakultas THT, mengatakan kalau jumlah bakteri pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak berwudhu.

Dengan ber-istisnaq (menghisap air dalam hidung) kita mampu menghindari munculnya penyakit dalam hidung. Dengan mencuci kedua tangan, kita mampu melindungi kebersihan tangan. Kita pula dapat melindungi kebersihan kulit muka apabila kita giat berwudhu. Tidak hanya itu,
kita pula dapat melindungi kebersihan daun kuping dan juga telapak kaki kita, maksudnya dengan kerap berwudhu kita mampu melindungi kesehatan badan kita.

Kemudian, bagaimana bila berwudhu saat sebelum tidur? nah, para ahli kesehatan di dunia tetap menyarankan supaya kita cuci kaki, mulut, dan juga wajah saat sebelum tidur. Terlebih lagi, beberapa ahli kecantikan memproduksi perlengkapan kecantikan supaya mampu melindungi kesehatan kulit wajah.

Di samping itu pastinya anjuran buat berwudhu pula memiliki nilai ibadah yang besar. Karena kala itu seseorang dalam kondisi suci. Bila seorang  dalam kondisi suci, berarti dia dekat dengan Allah SWT. Karena Allah hendak dekat dan juga cinta kepada orang-orang yang berada dalam kondisi suci.

Al-Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلاَنٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا.

"Barangsiapa yang tidur dalam kedaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan Malaikat berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena ia tidur dalam keadaan suci.’”
 
Perihal ini pula ditulis dalam kitab tanqih al-qand al-hatsis karangan Syekh Muhamad bin Umar an-Nawawi al-Mantany. Dari Umar bin Harits kalau Nabi bersabda: 

“barangsiapa tidur dalam kondisi berwudhu , hingga apabila mati dikala tidur hingga matinya dalam kondisi syahid di sisi Allah. ”

artinya orang yang berwudhu saat sebelum tidur akan mendapatkan tempat yang besar di sisi Allah SWT.

Dengan begitu dapat disimpulkan kalau berwudhu sebelum tidur menggambarkan anjuran Nabi yang wajib dikerjakan apabila seorang mau mendapatkan kemuliaan di sisi Allah.


Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

#1 Merilekskan otot-otot saat sebelum istirahat.
Bisa jadi tidak banyak uraian namun dapat dibuktikan dalam ilmu medis kalau percikan air yang disebabkan umat muslim melaksanakan wudhu itu menggambarkan sesuatu tata cara ataupun trik mengendorkan otot-otot yang kaku karena lelahnya dalam berkegiatan. Dapat diambil positifnya kalau bila seorang itu telah melaksanakan wudhu, hingga benak atau jiwa kita akan merasa rileks, tubuhpun tidak akan merasa letih.


#2 mencerahkan kulit muka.
Wudhu mampu mencerahkan kulit muka karena kinerja wudhu ini menghilangkan bercak yang menahun dalam kulit. Kotoran-kotoran yang melekat pada kulit muka kita akan tetap lenyap dan juga pastinya muka kita jadi terang dan juga bersih.

#3 Didoakan malaikat. 
Dalam sabda Rasulullah Saw yang disinggung di atas, malaikat akan men-do’a-kan keselamatan kepada umat muslim yang tetap wudhu saat sebelum tidur. Sementara itu malaikat merupakan makhluk yang tetap berdzikir kepada Allah SWT. Tentu do’anya akan dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karna itu, tetap berwudhu itu merupakan perihal yang harus kita jalani.

Semoga Bermanfaat...